inna

inna
japan

ukhtii

ukhtii

saiia L agii

saiia L agii

foto-Foto

clazzzzzzzzz 70-an

clazzzzzzzzz 70-an
saiia

memoriezzzzzzzz IPA

memoriezzzzzzzz IPA
Friends

my Clazzzzzzzzzz

my Clazzzzzzzzzz
zzzzzzz

saiia n Friends

saiia n Friends
in Bali

Saiia

Saiia
me

SMaSK@

SMaSK@
kEluarga IPA
Powered By Blogger

SmAsk@

SmAsk@
XII IPA 1

Foto-Foto

Foto-Foto
saiia

Jumat, 28 Januari 2011

Sekilas Beasiswa Mitsui

Assalaamu`alaykum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Mungkin tidak banyak dari rekan-rekan yang waktu SMA di Indonesia mendapat informasi akurat tentang beasiswa mitsui. Berikut saya mencoba memperkenalkannya.

Pada dasarnya informasi program beasiswa mitsui memang tidak tersebar luas, dikarenakan mitsui memakai sistem memilih para calonnya. Mitsui menggunakan daftar nama-nama SMU Negri yang direkomendasikan oleh Depdiknas, untuk kemudian mengirim surat undangan / pengumuman dibukanya pendaftaran beasiswa mitsui. Nama-nama yang direkomendasikan Depdiknas beberapa di antaranya adalah: untuk wilayah jakarta : SMUN 70, SMUN 8, SMUN 81, dll. Sedangkan di luar jakarta seperti SMUN 1 Yogya, SMUN 3 Bandung, SMU Taruna Nusantara, dll. Perlu diingat bahwa SMU yang direkomendasikan Depdiknas tidak hanya di pulau Jawa saja, tetapi seluruh Indonesia. Namun karena tes diadakan di jakarta, banyak sekolah,, meskipun menerima undangan / pengumuman dari mitsui, karena masalah jarak , mengurungkan niatnya (demikian, kalau tidak salah). Di tahun 2002 , setiap sekolah berhak mengirimkan 10 pendaftar, 5 IPA, 5 IPS.

Seleksi dibagi 2 tahap. Dari seluruh pendaftar, yang lulus tahap pertama (tes tertulis), hanya 13 orang. Mereka akan mengikuti tes tahap kedua yang berupa tes kesehatan, tes psikologi, dan wawancara (dengan bahasa Inggris). Dari hasil tes ini akan keluar 2 orang. Biasanya, sebagai penerima beasiswa mitsui.

Sesudah itu masuk ke urusan kontrak. Di dalamnya termaktub jumlah uang yang akan diperoleh, hal-hal yang dapat membatalkan kontrak , dsb. Beberapa hal yang dapat membatalkan kontrak yaitu: menikah, melakukan part time job. 2 hal inilah , paling tidak, yang menunjukkan perbedaan beasiswa mitsui dengan beasiswa lainnya.

Bagaimana dengan masalah uang? Sebelum berangkat ke Jepang, penerima beasiswa mitsui akan memperoleh uang 1000 US dolar sebagai uang belanja persiapan keberangkatan (membuat jas, dll) . Lalu uang saku perbulan selama di jepang mencapai 150.000 yen, walaupun didalam kontrak seingat saya hanya tertulis 145.000 yen (rejeki terima ajalah!). Uang ini digunakan untuk makan, belanja sehari-hari, sewa tempat tinggal, dll. Sedangkan uang sekolah, biaya pendaftaran universitas, dan biaya-biaya ujian yang berkenaan dengan pendaftaran universitas (TOEFL, misalnya), ditanggung pihak mitsui tanpa mengurangi uang saku perbulan. Dan ketika masuk universitas akan ada tunjangan komputer sebesar 100.000 yen, Dan katanya, kalau sudah kuliah , uang saku perbulan, akan naik.

Setiap kali pemberian uang saku perbulan, semua penerima beasiswa mitsui akan dikumpulkan di restoran yang ditetapkan mitsui, biasanya `Jonathan` family restaurant, untuk tatap muka, makan bersama tentu saja, dsb. Para senior yang sudah tidak menerima beasiswa Mitsui pun terkadang datang memenuhi undangan mitsui untuk berkumpul bersama.

Mengenai panjang kontrak, normalnya adalah 5,5 tahun. 1,5 tahun untuk belajar bahasa jepang, 4 tahun untuk kuliah. Dan sebelum pergi ke jepang , penerima beasiswa mitsui juga dibiayai untuk belajar bahasa jepang 2 bulan di jakarta, sebagai persiapan.

Selama 5,5 tahun di jepang, penerima beasiswa mitsui diharuskan menuliskan laporan per 3 bulan tentang kehidupannya, juga belajarnya, dalam bahasa Jepang.

Sekian

wassalaamu`alaykum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.