inna

inna
japan

ukhtii

ukhtii

saiia L agii

saiia L agii

foto-Foto

clazzzzzzzzz 70-an

clazzzzzzzzz 70-an
saiia

memoriezzzzzzzz IPA

memoriezzzzzzzz IPA
Friends

my Clazzzzzzzzzz

my Clazzzzzzzzzz
zzzzzzz

saiia n Friends

saiia n Friends
in Bali

Saiia

Saiia
me

SMaSK@

SMaSK@
kEluarga IPA
Powered By Blogger

SmAsk@

SmAsk@
XII IPA 1

Foto-Foto

Foto-Foto
saiia

Jumat, 30 April 2010

STAN

1. Administrasi PERPAJAKAN atau PAJAK

Gak jauh dari namanya, jurusan ini emang ngurusin pajak. Pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan berbagai jenis pajak yang lain. Tapi tentunya yang dipelajarin bukan hanya pajak aja, masih ada akuntansi, bahasa inggris, budaya nusantara, dan yang lain-lain. Budaya nusantara juga dipelajarin karena mahasiswa yang bisa ditempatkan di seluruh Indonesia. Biasanya setelah lulus dari jurusan ini, kita ditempatkan di Direktorat Jendral Perpajakan.

Sebenarnya bukan jurusan pajak yang menentukan besarnya gaji dan tunjangan, tapi yang menentukan besarnya gaji adalah dimana dia bekerja. Jurusan akuntansi pun bisa masuk ke Direktorat Jenderal Perpajakan. Tapi yang jelas sebagian besar mahasiswa perpajakan bekerja di Direktorat Jenderal Perpajakan. Gaji dan tunjangan Golongan 3A di Direktorat Jendral Perpajakan sekitar 12 juta. Like this…

Kenapa saya tidak memilh jurusan ini, simple alasannya, karena saya tidak tahu. Saya baru tahu setelah kuliah di STAN. Walau bagaimana pun, aku tetep bersyukur bisa kuliah di STAN.

Yang diterima sekitar 400 orang setiap tahun.

1. 2. AKUNTANSI PEMERINTAHAN

Jurusan ini yang paling banyak diterima di STAN. Sekitar setengah dari mahasiswa STAN adalah jurusan akuntansi. Setelah survei ke jurusan yang lain, jurusan ini relatif yang paling sulit di STAN karena ada pelajaran yang namanya akuntansi. Akuntansi dibahas abis-abisan disini. Akuntansi dipelajari secara mendalam. Jadi wajar kalau tiap tahun banyak mahasiswa STAN yang ke DO di jurusan ini. Saya juga ikut stress gara-gara belum ngerti pelajaran satu ini. Tapi aku tetep bersyukur pernah dapat index prestasi 3,70.

Setiap tahun yang diterima di akuntansi sekitar 1000 orang. Yang ter DO tiap tahun sekitar 30 orang.

Tapi tentu saja jurusan ini tidak hanya mempelajari akuntansi, ada pelajaran tentang pajak, bea cukai, dan lain-lain. Pelajaran selain akuntansi memang diperlukan karena kedepannya jurusan ini bisa ditempatkan dimana saja.

Penempatannya paling fleksibel, bisa di Badan Pemeriksa Keuangan, bisa di Departemen Keuangan, dan lain-lain.

1. PENILAI (Pajak Bumi dan Bangunan)

Bisa dibilang ini adalah jurusan tekniknya STAN. Bagi yang suka matematika dan fisika, di PENILAI masih ada kok pelajaran yang membahas itu.

Secara teori penilaian itu dapat diartikan sebagai proses pekerjaan seseorang penilai dalam memberikan opini tertulis mengenai nilai ekonomis pada saat tertentu seperti perumahan, kantor, toko, apartemen dan sebagainya. Mata kuliah yang dipelajari perencanaan kota, teknologi bangunan, ilmu ukur tanah. Tak lupa juga ada akuntansinya juga, tapi gak extrim sulitnya. Ada juga statistik, hukum, ekonomi dan lain-lain. Semua dipelajari, tapi gak terlalu mendalam. Nyante aja, gampang kok di jurusan ini.

Penempatan biasanya di Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

1. Kepiutanglelangan atau Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN)

Asing di telinga sebagian besar orang. Bisa dibilang ini jurusan hukumnya STAN. Mata kuliahnya aja ada penilaian, pengetahuan lelang, pengurusan piutang lelang Negara, hukum perikatan, pemeriksaan dan penyitaan dan lain-lain. Gak ketinggalan ada juga jurusan akuntansiny, tapi yang ini gampang kok. Jarang banget ada yang drop out dari jurusan ini.

Mata kuliah yang lain juga masih banyak, contohnya nih, pengantar ekonomi, pengantar bisnis dan manajemen, hukum administrasi, hukum keuangan Negara, pengantar perpajakan.

1. 5. Bea Cukai (khusus laki-laki)

Jurusan ini semimiliter. Tempat kuliahnya terpisah dengan jurusan yang lain. Bagi yang suka yang berbau militer, jurusan ini yang paling cocok. Mata pelajarannya standart aja kayak yang lain, tetapi tentu aja ada pelajaran yang khusus buat Bea Cukai.

Penempatan tentunya di Direktorat Jenderal Bea Cukai. Tersebar di seluruh Indonesia tercinta. Di pelabuhan-pelabuhan dan di bandara-bandara serta di daerah penghasil rokok.

1. Kebendaharaan Negara

Jurusan ini gak jauh beda dengan akuntansi. Tapi tentunya ini lebih nyante dari jurusan akuntansi.

Pemilihan jurusan ini ada skala prioritas. Yang menentukan skala prioritas itu sendiri adalah ANDA. Kalau tahun 2009 saat pendaftaran kita disuruh untuk memilih 4 jurusan.

TIPS memilih jurusan yang saya berikan untuk Anda:

1. Pilih jurusan yang paling Anda minati terlebih dulu.
2. Kalau belum ada atau belum tahu jurusan yang diminati, saya beri listnya…

Rekomendasi saya:

1. ADMINISTRASI PERPAJAKAN (karena kesempatan ke Direktorat Jendral Pajak sangat besar) (Bea cukai oke juga bagi yang cowok)
2. PENILAI (Pajak Bumi dan Bangunan) (karena kesempatan ke Direktorat Jendral Pajak besar)
3. AKUNTANSI PEMERINTAHAN

Intinya, jurusan yang Anda pilih sebaiknya ada AKUNTANSI dan PERPAJAKANNYA, karena jurusan itu diterima paling banyak. Jadi peluang Anda untuk diterima di STAN semakin besar.

Sebenarnya yang menentukan kamu di jurusan apa adalah nilai dan pilihan jurusanmu. Kalo nilai USM STAN-mu bagus, kamu bisa mendapatkan jurusan sesuai pilihanmu. Kalo kurang bagus, kamu bisa ditempatkan di jurusan yang bahkan tidak kamu pilih.

Apapun jurusannya, anda harus sangat bersyukur bila anda bisa diterima di STAN. Kita akan mencintainya ketika kita sudah terbiasa…

Karena banyak yang menanyakan masalah biaya hidup di STAN, aku sengaja menulis informasi ini. Selama kuliah, STAN tidak memungut biaya apapun. Selama 3 tahun kuliah di STAN kamu mengeluarkan biaya:
1. pendaftaran USM STAN, biasanya sebesar Rp100.000.

2. Daftar Ulang. Tahun 2009 seingatku sebesar Rp 750.000 untuk tiga tahun. Bila kurang mampu, bisa mengajukan keringanan biaya. Aku dulu juga mengajukan keringanan.

3. Wisuda biasanya sekitar Rp 500.000. Wisuda tidak wajib kok.

Karena kuliahnya sudah gratis, sekarang tinggal biaya hidup:
1. Makan
Saya biasanya sekali makan Rp 4.000 sampai Rp 5.000. Kalau Rp3.000 itu dapat 1 piring nasi, sayur dan tahu tempe. Tentunya masih banyak yang lebih mahal, tergantung beli dimana dan macam-macam yang dibeli. Aku biasanya dikirimi orang tuaku Rp600.000/bulan, buatku itu udah lebih dari cukup untuk hidup satu bulan.

2. Kost
STAN tidak menyediakan asmara bagi mahasiswa. Biaya kost berbanding terbalik dengan jarak kampus. Semakin dekat semakin mahal.

Kalau kos harganya mulai Rp 1.500.000 (limited edition) sampai sekitar 5 juta per kamar per tahun. Saya menyewa kamar senilai Rp 2.000.000 per kamar per tahun. Normalnya kos – kosan cowok di STAN sih sekitar Rp 2.500.000 per kamar per tahun. Kost cewek yang dekat kampus sekitar Rp4.000.000 per tahun per kamar. Kalau mau berdua sekamar, tentu lebih murah.

3. Buku
Buku Referensi sebagian besar dipinjami perpustakaan. Buku referensi yang ada biasanya berbahasa inggris. Tidak jarang juga mahasiswa yang membeli terjemahannya. Kalau saya lebih comfort pinjem kakak kelas. Setiap semester biasanya juga diberi beberapa buku tulis.

4. Biaya lain-lain
Biaya lain-lain tidak terlalu banyak, semua tergantung gaya hidupmu. Pulsa, hiburan, fotocopi, dsb.

Kebanyakan mahasiswa STAN yang butuh tambahan uang itu menjadi pengajar privat, termasuk saya. Cukup banget untuk menutupi biaya hidup di STAN.

Khusus beacukai tempatnya terpisah, agak di kota, jadi lebih mahal dikit biaya hidupnya. Biaya hidup buat yang jurusan beacukai sekitar Rp800ribu/bulan udah termasuk kos-kosan.

Jurusan Bea Cukai ini semi militer. Khusus cowok. Tinggi minimal 165 cm. Tidak buta warna. Selain D3 ada juga D1. Kampus D3 Bea Cukai ada di Rawamangun Jakarta. Bea Cukai kampusnya terpisah dengan jurusan yang lain. Kalau jurusan yang lain itu ada di berbatas antara Jakarta dan Tangerang Selatan, tepatnya di Bintaro Sektor V. Kalau bea cukai yang D1, tempat kuliahnya ada di berbagai daerah.

Kalau D3 bea cukai biasanya menerima mahasiswa baru sekitar 50 orang. Kalau D1 beacukai permintaannya tergantung kebutuhan saja. Yang jelas jarang ada DO di jurusan ini, bea cukai itu solid banget
^^

Kalau sudah lulus dari USM STAN, jurusan ini ada tes kebugaran dan kesehatannya. Bila tidak lolos dari tes fisik bea cukai akan dialokasikan ke jurusan yang lain. Jadi tetep bisa kuliah di STAN kok meskipun tidak lolos tes fisiknya.

Tes kebugaran dan tes kesehatannya adalah
1. Cek kesehatan
2. Lari 12 menit
3. Push Up
4. Sit Up
5. Lari Ketangkasan

Karena tempat pendidikannya agak di kota, biaya hidup lumayan tinggi, sekitar Rp800.000 setiap bulannya sudah termasuk biaya kos. Itu untuk gaya hidup yang standar aja ya.

Biar lebih mantap memilih jurusan bea cukai, silahkan baca paragraf-paragraf di bawah ini
^^

Program diploma ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli madya yang kompeten, profesional, dan mampu bekerja di bidang kepabeanan dan cukai, terutama audit kepabeanan dan cukai.

TUJUAN KURIKULER UMUM ( TKU )

Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkanmampu menjadi ahli madya yang siap kerja di bidangkepabeanan dan cukai, terutama audit kepabeanan dan cukai.

TUJUAN KURIKULER KHUSUS ( TKK )

Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan mampu :

Mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan barang

Mengadministrasikan penerimaan bea dan cukai

Melakukan pekerjaan audit kepabeanan dan cukai

MATA KULIAH

1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

Pendidikan Agama (Aplikasi)

Pendidikan Pancasila

Pendidikan Kewarganegaraan

Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia/Komunikasi Bisnis

2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

Pengantar Ilmu Ekonomi

Hukum Perdata

Pengantar hukum Pajak

Pengantar Manajemen

Pengantar Keuangan Publik

Teknis Perdagangan Internasional

Pengantar Akuntansi

Hukum Administrasi Keuangan Negara

3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

Undang-Undang Kepabeanan

Undang-Undang Cukai

Tehnis Kepabeanan I

Teknis Kepabeanan II

Teknis Kepabeanan III

Teknis Cukai I

Teknis Cukai II

Pengetahuan dan Identifikasi Barang I

Pengetahuan dan Identifikasi Barang II

Pengetahuan dan Identifikasi Barang III

Pengetahuan dan Identifikasi Barang IV

Klasifikasi Barang I

Klasifikasi Barang II

Sistim Nilai Pabean

Manajemen Resiko Kepabeanan dan Cukai I

Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai I

Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai II

Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai III

Penegakan Hukum Kepabeanan dan Cukai IV

Statistik

Verifikasi dan Audit Kepabeanan dan Cukai

Administrasi Perbendaharaan I

Administrasi Perbendaharaan II

Administrasi Perbendaharaan III

Administrasi Umum (Perkantoran, Keuangan dan Inventaris)

Sistim Informasi Kepabeanan dan Cukai

Studi Lapangan

Ujian Komprehensif Spesialisasi

4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

Etika Profesi PNS

5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

Pengantar Hukum Pidana

Budaya Nusantara

Oke sekian dulu tentang bea cukai. Yang jelas jurusan ini sangat menantang.
^_^





Drop Out, kata yang paling tidak enak didengar di STAN. STAN itu tegas terhadap peraturan. Ketahuan nyontek waktu ujian langsung DO. Banyak banget yang nanya tentang DO, makanya aku pengin nulis topik ini.

DO STAN disebabkan oleh:

1. Absen

Kehadiran kuliah minimal 80% dalam 1 semester pada setiap pelajaran. Biasanya 1 semester ada 16 pertemuan setiap pelajaran. Jadi maksimal ketidakhadiran yang diperbolehkan adalah 3 kali. Kalau sudah 4 kali, siap-siap pulang kampung saja.

Asal niat kuliah, ini mah gampang dilewati kok.

2. Indeks Prestasi (IP)

IP minimal pada semester ganjil adalah 2,40

IPK minimal pada semester genap adalah 2,75

IP dibawah itu bisa dipastikan DO. Menurutku, mencari IP 3,00 keatas di STAN itu gampang kok, asal mau belajar saja. Beberapa temenku ke-DO itu gara-gara hobinya main game online, jarang banget belajar, kuliah sering terlambat.

3. Keputusan Kepala BPPK

Ini biasanya gara-gara mencuri, pakai narkoba atau beberapa alasan yang ekstrim aja. Asal kamu tidak aneh-aneh, ini bisa dilalui dengan mudah.

Ya, itu sekilas tentang sistem DO di kampusku. Intinya, kalau emang niat kuliah di STAN, DO juga jauh ma kita… ^^


Sekarang giliran pajak yang dijelaskan. Emang tidak jauh dari namanya, jurusan perpajakan memang banyak mengurusi masalah pajak, jadi mereka harus ahli di pajak dong… :)

Lumayan agak berat pelajarannya…tapi hasilnya juga seimbang. Kalau sudah kerja di Direktorat Jenderal Perpajakan, tunjangannya itu lho yang enak :)

Aku jurusannya akuntansi, tapi sudah bersyukur bisa kuliah disini…gratis, kuliah enak, lulus insyaAllah jadi pegawai negeri… kamu mau?

PROGRAM DIPLOMA III KEUANGAN
SPESIALISASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN

Program diploma ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sehingga menjadi tenaga ahli madya yang kompeten, profesional, dan mampu bekerja di bidang administrasi perpajakan dan penghitungan pajak terutang.

TUJUAN KURIKULER UMUM (TKU)
Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi ahli madya yang siap kerja di bidang administrasi perpajakan dan penghitungan pajak terutang .

TUJUAN KURIKULER KHUSUS (TKK)
Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

* Mengerjakan administrasi perkantoran
* Menatausahakan data perpajakan, penerimaan dan restitusi, penagihan, keberatan dan tata usaha perpajakan.
* Meneliti dan/atau memeriksa SPT
* Menghitung pajak serta menetapkan sanksi administrasi Perpajakan
* Melaksanakan pelayanan prima pada tempat pelayanan Terpadu (TPT)
* Menatusahakan pemungutan penerimaan negara yang berasal dari pajak Vertifikasi

MATA KULIAH

1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian ( MPK )

* Pendidikan Agama (Aplikasi)
* Pendidikan Pancasila
* Pendidikan Kewarganegaraan
* Bahasa Inggris
* Bahasa Indonesia/Komunikasi Bisnis

2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan ( MKK )

* Pengantar Ilmu Ekonomi
* Pengantar Komputer
* Statistik
* Organisasi Bisnis dan Manajemen
* Pengantar Perpajakan
* Pengantar Keuangan Publik
* Pengantar Akuntansi I
* Pengantar Akuntansi II
* Pajak Bumi dan Bangunan
* BPHTB dan PDRD
* Dasar-dasar Auditing
* Akuntansi Keuangan Menengah I
* Akuntansi Biaya
* Akuntansi Keuangan Menengah II
* Akuntansi keuangan Lanjutan

3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya ( MKB )

* Pajak Penghasilan (PPh)
* Laboratorium SIP
* PPN
* PPnBM dan Bea Materai
* PPh Pemotongan dan Pemungutan
* Akuntansi Perpajakan
* Pemeriksaan & Penyidikan Perpajakan
* Komputer Audit
* Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
* Penagihan Pajak
* Tata Usaha Perpajakan
* Tata usaha Pengolahan Data
* Tata Usaha Penagihan dan Keberatan
* Tata usaha Penerimaan dan Restitusi Pajak
* Tata Usaha PBB dab BPHTB
* Peradilan Pajak
* Lab Pajak PPh Pot/Put.
* Laboratorium Pajak Penghasilan (PPh)
* Laboratorium PPN dan PPnBM
* Praktek Kerja Lapangan (PKL)
* Ujian Komprehensif Spesialisasi (UKS)

4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya ( MPB )

* Etika Profesi PNS

5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat ( MBB )

* Pengantar Ilmu Hukum/Pengantar Tata Hukum Indonesia

Asal mau berusaha, insyaAllah ada jalan…Semangat buat mempersiapkan USM STAN… :)



Bagi yang ingin tahu seperti apa sih jurusan akuntansi pemerintah di STAN, ini dia aku sajikan buat kamu semua.

PROGRAM DIPLOMA III KEUANGAN
SPESIALISASI AKUNTANSI PEMERINTAH

Program diploma ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sehingga mampu menjadi tenaga ajun akuntan/ahli madya yang kompeten dan mampu memecahkan permasalahan dalam bidang akuntansi dan audit sektor publik/pemerintahan.

TUJUAN KURIKULER UMUM (TKU)
Setelah mengikti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi tenaga ajun akuntan/ahli madya untuk instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD.

TUJUAN KURIKULER KHUSUS (TKK)
Setelah mengikuti pendidikan ini, mahasiswa diharapkan mampu secara mandiri:

* Melaksanakan proses pencatatan akuntansi keuangan danakuntansi manajemen
* Menyusun rencana audit keuangan
* Melaksanakan audit keuangan
* Menyiapkan laporan audit
* Memahami sistem akuntansi;

MATA KULIAH
1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian ( MPK )

* Pendidikan Agama (Aplikasi)
* Pendidikan Pancasila
* Pendidikan Kewarganegaraan
* Bahasa Inggris
* Bahasa Indonesia/Komunikasi Bisnis

2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan ( MKK )

* Pengantar Ilmu Ekonomi
* Pengantar Komputer
* Statistik
* Bisnis dan Manajemen
* Pengantar Ekonomi Internasional
* Pengantar Akuntansi I
* Pengantar Akuntansi II
* Pengantar Keuangan Publik
* Pengantar Perpajakan
* Pengantar Kepabeanan dan Cukai
* Pengantar Kepiutang Lelangan Negara
* Manajemen Keuangan
* Lembaga Keuangan Indonesia

3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya ( MKB )

* Akuntansi Keuangan Menengah I
* Akuntansi Keuangan Menengah II
* Akuntansi Keuangan Lanjutan
* Akuntansi Biaya
* Sistem Akuntansi
* Hukum Administrasi Keuangan Negara
* Penganggaran Negara
* Sistem Akuntansi Pemerintah I
* Sistem Akuntansi Pemerintah II
* Sistem Akuntansi Pemerintah III
* Pemeriksaan Keuangan I (Bisnis)
* Pemeriksaan Keuangan II (Negara)
* Pemeriksaan Kinerja Instansi Pemerintah
* Akuntansi Perpajakan
* Aplikasi Komputer Akuntansi dan Keuangan
* Manajemen Barang Milik Negara
* Ujian Komprehensif Spesialisasi (UKS)

4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya ( MPB )

* Etika Profesi PNS

5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat ( MBB )

* Pengantar Ilmu Hukum/Pengantar Tata Hukum Indonesia
* Pengantar Hukum Pidana
* Pengantar Hukum perdata dan Bisnis
* Peradilan Tata Usaha Negara
* Budaya Nusantara

LAMA PENDIDIKAN
Lama pendidikan adalah 3 tahun (6 semester) atau setara dengan 120 SKS.

PERSYARATAN PESERTA
Mahasiswa pada Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi yang sebelumnya telah lulus ujian masuk Prodip III Keuangan untuk mahasiswa Tingkat I dan lulus dalam kenaikan tingkat II dan III dengan ketentuan Indeks Prestasi minimal 2,75

Tidak usah bingung dulu, kalau sudah menjalani, kamu akan mengerti sendiri semua itu. Memang banyak pelajarannya, tapi itu tidak dipelajari selama 1 bulan, tetapi 3 tahun.

Semoga tetep semangat mempelajari soal USM STAN!


Sudah pernah mengerjakan soal soal STAN yang terbaru? Gimana menurutmu? Mudah kan? Semua soal intinya sama, kalau kamu tidak terbiasa tentu kamu akan mengalami kesulitan.

Belajarlah dari yang terbaik dan sudah berhasil maka peluangmu untuk berhasil juga akan semakin besar.

Memang untuk mengusai soal soal STAN membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Aku membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menguasinya. Aku belajar bahasa inggris, aku belajar bahasa indonesia, aku belajar tes potensi akademik. Aku dulu agak kurang terbiasa dengan bahasa inggris, apalagi grammar yang banyak dan bikin bingung. Setengah hidup aku mempelajari Toefl secara otodidak. Bahasa Inggris sungguh menantang untuk ditaklukan.

Waktu USM STAN, setelah berbulan-bulan belajar bahasa inggris, tetep saja bahasa inggris sulit, maklum orang desa dari pedalaman. Tapi alhamdulillah lolos,hehe . Asal tahu caranya saja…^_^

Aku sadar aku kurang persiapan terutama bahasa inggris. Aku cuma persiapan sekitar satu bulan. Itupun aku belajar secara otodidak, cuma mengandalkan buku Toefl.

Banyak orang berpikir seperti ini, Enak ya jadi mahasiswa STAN, kuliah gratis, kuliahnya nyantai, lulus jadi pegawai negeri, dan masa depan cerah…

Kamu belum tahu saja pengorbanan yang dilakukan untuk lolos STAN. Aku sudah mempelajari soal soal selama berbulan-bulan. Selama berbulan-bulan aku jarang keluar rumah setelah Ujian Akhir Sekolah. Tapi, semua pengorbanan ini sudah terbayar.

Kamu akan menyadari bahwa orang yang pintar itu bukan sejak dia lahir. Semua orang itu pintar asal mau melatih dan mengasah otak. Orang yang sukses adalah orang yang paling banyak mengalami kegagalan. Dan orang yang gagal adalah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan.

Banyak orang ingin masuk STAN, tapi usahanya cuma segitu doang, gak lolos deh. Ingat, kamu punya saingan lebih dari 100.000 orang. Jika memang ingin kuliah di STAN, kamu belajarlah diatas rata-rata orang-orang tersebut. Pelajari soal soal STAN dengan maksimal agar peluangmu lolos besar.




Mahasiswa STAN aku bilang seperti mahasiswa di universitas yang lain. Tapi tentu saja ada perbedaan. Mari kita bahas satu per satu.

Seragam. Mahasiswa STAN tidak memakai seragam kecuali jurusan bea cukai. Meskipun tidak memakai seragam, mahasiswa wajib mengenakan pakaian hem yang polos. Secara aturan di kampus, warna yang diperbolehkan untuk dipakai adalah putih polos, biru muda, dan cream. Semua harus polos. Terkadang mahasiswa juga memakai jaket waktu kuliah. Untuk urusan celana, wajib berwarna gelap, tidak boleh jeans. Bisa memakai celana hitam, biru gelap, atau coklat gelap.

Aku pernah merasakan 4 hari kuliah di ITS jurusan Elektro. Ampun dah, belum apa-apa udah dikasih pelajaran kalkulus. Untung saja diterima di STAN. Setelah ada pengumuman, aku langsung pulang kampung. Aku bisa bilang di STAN itu nyantai banget. Serasa gak kuliah. Mungkin kamu gak percaya sekarang, tapi kalau sudah masuk STAN baru tahu deh rasanya kuliah disini kayak apa. Aku sudah lebih dari 2 tahun merasakan nikmatnya kuliah di STAN. Jarang ada tugas, apalagi kuis. Banyak libur. Dosennya baik-baik. Lulus jadi pegawai negeri. Wuih, mantap…

Tapi tentu saja ada efek samping dari sebuah besar harapan menjadi pegawai negeri. Efek sampingnya, mahasiswa STAN jarang yang mau belajar dengan serius. Bahkan ada yang hanya ingin lulus, dengan Index Prestasi yang biasa banget. Ya gimana lagi, semua bergantung pada individu masing-masing. Aku juga sebenarnya agak malas belajar mati-matian setiap hari, (insyaAllah) toh jadi pegawai negeri juga. Aku sekarang gak seextrem belajarku seperti waktu SMA. Sekarang aku lebih suka mengembangkan diriku di bidang lain. Contohnya internet, aku lebih suka di depan komputer daripada datang kuliah.

Ya sekarang gak perlu menargetkan terlalu tinggi Index Prestasi-ku, aku cuma pengin 3,4 saja. Tidak perlu muluk-muluk. Aku sadar dengan kesibukanku akan sedikit banyak akan mempengaruhi prestasiku di STAN. But, WHO CARE?

Aku pernah dapat IP 3,70. Tapi siapa juga yang peduli. Aku dapat IP 4,00 pun orang tuaku gak akan pernah mengerti apa arti IP. Ya sekarang aku lebih baik menekuni internet marketing demi cita-cita besarku.

Seperti itu lah pandanganku terhadap mahasiwa STAN, yang sudah mempersiapkan mental mereka sebagai pegawai negeri, yang mungkin gak akan pernah mencari pekerjaan, yang sudah begitu nyamannya dengan lingkungan mereka di kantor, yang mungkin gak akan pernah keluar dari zona nyaman. Kesimpulannya, kuliah di STAN itu nyantai. Tetap pergunakan waktu untuk mengembangkan diri.

Jangan cuma puas jadi pegawai negeri. Mahasiswa STAN ayo bangkit bersama…


Penerimaan STAN itu sangat ditentukan oleh permintaan dari instansi-instansi pemerintah yang membutuhkan lulusan STAN untuk 3 tahun mendatang. Instansi-instansi pemerintah itu memberikan estimasi berapakah jumlah tenaga kerja baru yang bisa diambil di STAN untuk 3 tahun yang akan datang. Lembaga yang membutuhkan tenaga lulusan STAN contohnya tentu saja Departemen Keuangan (DepKeu), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Setiap tahun STAN kira-kira menerima 2300 mahasiswa baru. Dan jangan kaget berapa yang daftar USM STAN 2010/2011. Tahun 2009 ada lebih dari 88.000 pelajar yang daftar USM STAN. Jumlahnya memang menurun dibandingkan biasanya. Biasanya setiap tahun yang daftar lebih dari 100.000 orang. Sebuah angka yang fantastik. Bahkan sampai meraih rekor MURI.

Tentu saja setiap pelajar (dan orang tua mereka) ingin kuliah di STAN. Alasannya simpel, kuliah gratis, cepet, dan lulus jadi pegawai negeri. Jarang banget ada orang yang tidak menginginkan itu di Indonesia tercinta. Alasanku juga seperti itu kok, hehe…

Memang membutuhkan suatu perjuangan tersendiri untuk meraih kesuksesan. Aku sendiri membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari soal soal itu. Aku membuat strategi-strategi jitu untuk mempersiapkan USM. Alhamdulillah aku bisa masuk STAN dengan strategi-strategi itu.

Semua hal ada ilmunya, jika kita ingin belajar, belajarlah dari orang-orang yang berhasil. Orang yang telah mencapai impianmu itu. Jika belajar dari orang yang tidak berkompeten atau gagal, kemungkinan besar kamu juga akan gagal. Hidup itu penuh pilihan, bertanggung jawablah terhadap semua pilihanmu. Sekarang pilihanmu tinggal mau belajar dari yang sudah berhasil masuk STAN atau yang tidak pernah mengenal STAN itu apa.


STAN vs STIS

Kalau diterima di STAN dan STIS, milih mana ya? Memang ini subjektivitas setiap orang berbeda-beda. Berhubung ini blogku, jadi subjektif adalah mutlak dari pemikiran saya. Dan maaf kalau ada yang tersinggung atau merasa dirugikan.^_^ Mari kita bahas satu per satu,

STAN

1. Kuliah 3 tahun. Kalau lulus jadi pegawai negeri golongan 2C.
2. Kalau sudah kerja, relatif gaji dan tunjangan lulusan STAN lebih besar dari lulusan STIS. Yang bikin besar itu remunerasinya. Berdasarkan berita terakhir, golongan 3A Direktorat Jenderal Pajak total penghasilanya 12,1 juta. Mantaf kan gan :)
3. Tidak ada ikatan dinas. Memang tidak ada ikatan dinas lagi, tapi negara tidak mungkin menelantarkan mahasiswa STAN yang sudah dibiayai bertahun-tahun.
4. Biaya pendaftaran dan daftar ulang sekitar Rp850.000
5. Tidak ada uang saku, kecuali kalau sudah tingkat 3. Uang sakunya gak material cuma Rp40ribu setiap bulan, hanya bagi tingkat 3.
6. Kuliahnya di pinggiran Jakarta. Lebih tepatnya di Tangerang Selatan, jadi bukan di Jakarta. Biaya hidup lebih murah.

STIS

Kalau udah berubah atau ada berita yang update, tinggal komentar dibawah ya :)

1. Kuliah 4 tahun. Lulus langsung jadi pegawai negeri 3A.
2. Gaji dan tunjangan lumayan lah karena memang belum ada remunerasi. Kalau BPS lagi banyak proyek, gaji lulusan STAN bisa kalah juga.
3. Ada ikatan dinas waktu kuliah.
4. Saat daftar ulang dikenai biaya sekitar Rp 2.500.000
5. Uang saku tiap bulan lumayan besar, sekitar Rp400.000 per bulan.
6. Kalau tempat kuliah udah di kota gan. Fasilitas hiburan lebih lengkap dan beragam.

STIS juga agak sulit ketika ujian saringan masuknya. Ada 3 tahap soal yang harus dilewati, padahal STAN hanya 1 kali ujian dan itu pun soalnya relatif lebih mudah dalam mengerjakannya. Tapi memang saingannya itu yang gak nahan, sekitar 100ribu orang setiap tahun.

Saya dan beberapa temen saya diterima di STAN dan STIS sekaligus, tetapi semuanya pilih STAN. Kalau aku sendiri tidak memilih STIS karena rasanya bakal banyak belajar pelajaran statistik, namanya aja Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Bukannya tidak suka, cuma aku lebih suka akuntansi. Kalau alasan temen-temenku beragam. Ada yang karena gaji yang lebih besar, ada yang karena gengsi, dan lain-lain. Yang pasti mereka pilih STAN semua.

Memang ini semua sebjektitifitasku yang berkata. Ini tidak lebih dari sebuah pilihan hidup. Kalau memang suka menghitung seperti statistik, STIS cocok untuk mu.

Apapun pilihanmu, teteplah bersyukur karena ribuan orang ingin kuliah disana, tetapi tidak bisa.

Semoga bermanfaat, persiapkan USM STAN 2010/2011 ya…Sekali lagi, mohon maaf bila ada


TAN USM? Kebalik tuh, yang bener USM STAN. Ujian Saringan Masuk (USM) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah satu-satunya jalan agar kamu bisa kuliah di STAN dengan gratis.

USM STAN itu sebenarnya mudah kalau kalian sudah terbiasa dengan soal soal STAN yang terbaru. Kalau sudah terbiasa, apapun soalnya kamu akan percaya diri menjawabnya.

USM STAN yang terakhir ini ada 180 soal dan dikerjakan dalam waktu 150 menit. Bagi yang tidak terbiasa akan sangat mengalami kesulitan. Dia akan gugup, bingung, gak pede lagi. Hasilnya jelas, dia akan mengalami kegagalan.

USM itu butuh waktu untuk mempelajarinya. Jangan nekat mempelajarinya satu atau dua minggu sebelum ujian. Aku yakin hasilnya tidak maksimal. Mumpung sekarang masih jauh dari ujian saringan masuk, sebaiknya segera saja mempelajari soal soalnya.

Lebih baik temen-temen mulai mempelajarinya 2 jam setiap minggu mulai dari sekarang daripada hanya 1 minggu sebelum ujian saringan masuk STAN.

Biasakan selalu mengulang-ulang soal ujian STAN yang terakhir biar kalian terbiasa dengan format yang ada. Biasanya soal soal yang diberikan tidak akan jauh berbeda dari soal soal yang terdahulu.

Bila ada yang kurang jelas apa itu USM STAN, tinggal tulis komentar dibawah ini saja, aku usahain segera membalas komentarmu. Ingat, yang benar itu USM STAN, bukan STAN USM,hehe…

Soal soal STAN tentu saja ada di buku kumpulan USM STAN 2010. Lebih baik kamu punya buku dan mulai mempelajarinya dengan serius.

Soal STAN 2010 berbeda dari soal-soal SNMPTN. Aku bilang Tes Potensi Akademik STAN itu gampang gampang sulit. Gampang bagi yang sudah terbiasa dengan soal-soal STAN yang seperti itu. Sulit bagi yang hanya mempelajarinya dalam 1 atau 2 minggu saja. Apalagi waktu yang diberikan hanya 150 menit.

Tidak semua soal soal STAN itu sulit. Ada yang gampang, ada yang sulit. Ada yang hanya beberapa detik sudah selesai, ada yang berberapa menit belum selesai juga. Agar bisa lolos ujian, kamu musti bisa mengatur strategi menghadapi soal ujian.

Banyak yang ingin kuliah di STAN, tetapi tidak pernah berusaha dengan keras untuk meraihnya. Banyak yang gagal simpel alasannya karena mereka tidak pernah mengerti kemampuan mereka sendiri.

Pada bagian Bahasa inggris ini yang membuat sebagian besar orang tidak lolos USM STAN. Bukan apa-apa, bahasa inggris sangat asing bagi kebanyakan orang di Indonesia. Bila kamu ada di kota besar, maka manfaatkan fasilitas yang ada disana dengan semaksimal mungkin. Bila kamu ada di desa seperti aku dulu, mulailah belajar dari awal untuk TOEFL. Tanya pada guru bahasa inggrismu yang sekiranya “pinter dan update”.

Pelajari soal-soal STAN mulai dari tahun yang terakhir yaitu USM STAN 2009 dan D I Crash Program. Pelajari berulang-ulang, minimal 3 kali. Cari cara tercepat untuk mengerjakannya. Tanya guru atau temen bila kamu emang-emang belum bisa mengerjakannya.

Pelajari soal soal STAN berulang-ulang…



Pengumuman STAN 2010 diberikan pada awal bulan Juni 2010 menurut pengalaman selama ini. Pengumuman USM STAN itu akan sangat penting untuk dimiliki dan dipahami benar-benar. Pastikan kamu memenuhi syarat-syarat yang ditentukan sebelum melakukan pendaftaran USM STAN.

Agar bisa kuliah di STAN tentu tidak cukup hanya daftar USM STAN 2010, kamu butuh lolos USM. Bila ingin lolos, kamu harus mempersiapkan dengan sebaik mungkin. Mulai dengan mempelajari soal-soalnya, mempelajari TOEFL, dan membiasakan soal-soal STAN dalam pikiranmu. Semakin terbiasa semakin bagus. Semakin terbiasa, semakin kamu bisa mengerjakan soal soal dengan cepat dan benar. Tidak peduli sepintar apapun dirimu, kamu butuh mempelajari soal soal itu.

STAN itu hanya sulit pada saat USM STAN, setelah lolos perjuanganmu untuk menjadi pegawai negeri akan mulus.

Kuliah di STAN itu sebenarnya tidak enak, setidaknya ada 4 alasan, yaitu:

1. Kuliahnya terlalu nyantai
2. Mau bayar uang kuliah tidak boleh
3. Mau mencari kerja tidak boleh
4. Mau bunuh diri juga tidak boleh (dosa tahu!) … :)

Hidup itu pilihan dan setiap orang akan merasakan apa hasil yang dia peroleh.

Aku belajar berbulan-bulan untuk mempelajari soal soal STAN itu. Ternyata itu semua tidak cukup. Saat USM STAN, tidak banyak yang bisa saya kerjakan. Soal bahasa inggrisnya sulit minta ampun. Untung udah tahu caranya meskipun yang saya kerjakan sedikit. Alhamdulillah dengan trik itu saya bisa lolos…

Kalau jadi PNS di depkeu paling kamu hanya diberi gaji 4 sampai 5 juta saat sudah lulus dari STAN. Aku tidak tahu pengeluaran kamu, tapi yang jelas itu sudah cukup untuk membeli makanan.

Penerimaan STAN biasanya 2300 orang tiap tahun. Tetapi yang ikut daftar ulang sekitar 1800. Terus kemana yang 500 orang itu? Tentu saja mereka sudah diterima di jurusan dan universitas favoritnya seperti FK UI, IT ITB, FK UNAIR atau yang lain.

Setelah lulus, segera cari pengumuman STAN 2010 ya…


al USM STAN terdiri dari Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Tes Potensi Akademik berjumlah 120 soal dan Bahasa Inggris berjumlah 60 soal. Semua soal tersebut dikerjakan dalam waktu 150 menit.

Sebagian besar dari 180 soal tersebut tidak terselesaikan. Karena mereka kurang terbiasa.

Tes Potensi Akademik itu seperti soal-soal logika, analisis cerita, dan psikotes. Lumayan banyak dan beragam soalnya, lebih baik kamu lihat sendiri di buku kumpulan soalnya.

Nah, soal Bahasa Inggris ujian masuk STAN itu aku bilang sulit. Aku mempelajari TOEFL satu bulan. Setelah aku mengikuti USM STAN, aku masih banyak yang tidak mengerti bagaimana cara mengerjakannya. Huh… bener-bener sulit. Ternyata tidak cukup satu bulan untuk mempelajari TOEFL. Meskipun dulu kurang bisa bahasa inggris untung aja aku punya trik khusus untuk mengerjakan soal Bahasa Inggris itu, jadinya aku bisa lolos USM STAN deh…hohoho

Lolos USM STAN 2010 adalah satu satunya cara agar kamu bisa kuliah di STAN. Universitas yang lain mungkin menggunakan beberapa cara untuk menerima mahasiswanya. Ada yang memakai SNMPTN, ada yang ujian saringan masuk lokal, ada yang memakai PMDK, ada juga yang ekstensi. Tetapi STAN cuma menerima mahasiswa baru hanya dari UM STAN.

Bayangkan saja kalau STAN bisa memakai ekstensi, pasti banyak orang tua yang berani membayar puluhan juta untuk memasukkan anaknya untuk kuliah di STAN dan saya tidak bisa kuliah di STAN. STAN untuk semua orang. Untungnya STAN itu tidak mencari keuntungan yang sebesar-besarnya…

Pengumuman pendaftaran STAN sendiri ada segera setelah kamu menerima ijazah dari sekolahmu. STAN biasanya lebih terlambat menerima mahasiswa baru karena pendaftaran STAN memang memerlukan ijazah. Nilai yang disyaratkan adalah minimal 7,00. STAN 2010 memang memilih calon mahasiswa yang berkualitas saja.

USM STAN 2010/2011 sendiri berdasarkan pengalaman diadakan bulan Juli-Agustus 2010. Tempatnya sesuai dengan pengumuman di pendaftaran. Tempat tes biasanya di SMA, universitas, bahkan Gelora Bung Karno. Berbahagialah bila tidak di gelora bung karno atau di stadion. Karena disana kurang kondusif buat ngerjain 180 soal USM STAN.

Hasil USM STAN sendiri biasanya dipublikasikan 1-2 bulan setelah USM STAN. Hasil USM STAN bisa dilihat di www.stan.ac.id, tapi biasanya website itu eror pada hari pengumuman saking banyaknya orang yang ingin mengakses hasil USM STAN. Kalau tidak ada halangan, saya akan berusaha memberikan hasil USM STAN itu di website ini. Tunggu tanggal mainnya ya…

Karena selama kuliah STAN tidak memungut biaya apapun, tidak ada beasiswa yang diberikan. Kamu cuma mengeluarkan biaya pendaftaran STAN 2010 sebesar Rp100.000. Kalau ada biaya selain itu, biaya itu adalah program dari lembaga kemahasiwaan. Bagi sebagian orang uang sangat sensitif, jadi disini saya sampaikan biaya hidup yang agak ngirit.

Karena kuliahnya sudah gratis, sekarang tinggal biaya hidup:

1. Makan

Saya biasanya sekali makan Rp 3.000 sampai Rp 4.000. Tentunya masih banyak yang lebih mahal, tergantung beli dimana dan macam-macam yang dibeli.

2. Kost

STAN tidak menyediakan asmara bagi mahasiswa. Biaya kost berbanding terbalik dengan jarak kampus. Semakin dekat semakin mahal.

Kalau kos harganya mulai Rp 1.500.000 (limited edition) sampai gak terbatas per kamar per tahun. Saya menyewa kamar senilai Rp 2.000.000 per kamar per tahun, normalnya kos – kosan cowok di STAN sih sekitar Rp 2.500.000 per kamar per tahun. Kost cewek yang dekat kampus sekitar Rp4.000.000 per tahun per kamar. Kalau mau berdua sekamar, tentu lebih murah.

3. Buku

Buku Referensi sebagian besar dipinjami perpustakaan. Buku referensi yang ada biasanya berbahasa inggris. Tidak jarang juga mahasiswa yang membeli terjemahannya. Kalau saya lebih comfort pinjem kakak kelas. Setiap semester biasanya juga diberi beberapa buku tulis.

4. Other Expense

Biaya lain-lain gak terlalu banyak, semua tergantung gaya hidupmu.

Kebanyakan mahasiswa STAN yang butuh tambahan uang itu menjadi pengajar privat, termasuk saya. Cukup banget untuk menutupi biaya hidup di STAN. Sekali mengajar kami bisa memperoleh sekitar Rp40.000 untuk anak SD, Rp50.000 untuk anak SMP, Rp70.000 untuk anak SMA. Penghasilan dari privat bisa jutaan rupiah, tergantung berapa sering kamu mengajar. Tentu saja, mahasiswa STAN hanya mengajar di Bintaro dan sekitarnya.

bagaimana dengan kamu?

Waduh, kalau udah ngomongin mata kuliah aku jadi senyum-senyum sendiri. Kalau boleh diungkapkan dalam dua kata: NYANTE ABIS!!!

Tentu saja nyantai abis dibandingkan universitas-universitas tingkat nasional. Kalau dibandingkan dengan universitas yang biasa-biasa banget, STAN mungkin hampir setara.

Kalender Akademik STAN biasanya:

1. 2 bulan kuliah, 2 minggu libur, 2 minggu ujian atau

2. 2 bulan kuliah, 2 minggu ujian, 2 minggu libur

Libur UAS ganjil libur sekitar 2 minggu. Libur UAS genap sekitar 2 bulan.

Kalau targetnya cuma lulus, gak perlu belajar tiap hari. Asal ikut kuliah, mengerjakan tugas dengan baik, ikut ujian, dan dipenuhi lembar jawabannya. Memenuhi lembar boleh dengan apa aja, kalau tetep gak bisa, tulis ulang soalnya. Kalau targetnya cumlaude, belajar tiap hari perlu dipertimbangkan.

Pelajar STAN sudah terbiasa belajar SKS (Sistem Kebut Semalam atau Subuh) saat ujian.

Risky, but it’s works.

Tentunya, belajar tiap hari dan rutin yang terbaik. Segera cari informasi pendaftaran STAN 2010.

Bagaimana pendapatmu?

Fasilitas yang disediakan STAN Jakarta tidak jauh beda dengan universitas yang lain, mungkin hanya berbeda di kualitas dan kuantitas. Ada gedung perkuliahan, perpus, taman, lapangan olahraga, futsal, basket, jogging track, and many more. Pengin tahu lebih…VISIT STAN 2010!

USM STAN 2010 insyaAllah juga akan dilaksanakandi gedung-gedung STAN. Lumayan enak kok daripada di stadion.

Saat pertama kali memasuki kampus, kesan pertamaku adalah “Gedungnya jadul banget ya!” Kemudian kesan yang selanjutnya “Ini kampus atau merangkap kebun binatang ya!”. Tentu semua itu beralasan. Waktu itu banyak kambing berkeliaran dan pohon yang besar, jadi benar-benar seperti kebun binatang. STAN, peace!

STAN sekarang semakin berbenah diri. Mulai memperbanyak mahasiswi dan mempersedikit kambing yang beredar(just kidding!!!). Maksud saya, mulai dari pembangunan gedung baru, renovasi gedung yang lama, pembuatan taman-taman, jogging track, hot spot, lapangan futsal dan sebagainya.

Kalau dibandingkan dengan fasilitas universitas yang lain, fasilitas STAN memang ketinggalan jauh. Maklum, sekolah GRATIS resikonya gini. Meskipun kalah dalam hal fasilitas, secara umum semua itu lebih dari cukup untuk menghasilkan prospek lulusan bermutu. Bagaimana menurutmu?

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah perguruan tinggi kedinasan (bukan universitas) yang berada dalam naungan Departemen Keuangan. Jadi sebagian besar yang lulus dari STAN bekerja di Departeman Keuangan. Sebagian juga ditempatkan di Badan Pengawas Keuangan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Meskipun tidak kerja di DepKeu, tetep PNS kok,he…

Saya sudah menulis artikel “Pengumuman STAN” bila kamu ingin tahu lebih banyak tentang itu. Pendaftaran STAN juga sudah saya tulis. Silahkan menuju link yang sudah saya buat.

STAN 2010 membuka peluang bagi pelajar lulusan SMA atau SMK yang ingin melanjutkan pendidikannya. Pendaftaran STAN 2010/2011 akan segera dilaksanakan bila kamu sudah menerima ijazah SMA.

Satu-satunya cara kuliah STAN dengan gratis adalah kamu harus lolos USM STAN. STAN tidak mengenal PMDK, apalagi SNMPTN.

Meskipun disebut sering disebut “STAN Jakarta”, sebenarnya STAN berada di Bintaro Sektor V, Tangerang, Banten. Memang Bintaro adalah perbatasan antara Jakarta dan Tangerang. Bintaro terbagi menjadi dua provinsi. Sebagian Jakarta dan sebagian yang lain adalah Banten.

Seluruh mahasiswa diploma III dan IV di tempatkan di STAN Jakarta. Khusus Bea Cukai, penempatannya benar-benar di Jakarta. STAN Jakarta sendiri berada di pinggiran Jakarta tentu saja biaya hidup lebih murah dan lingkungan yang lebih nyaman.

Website resminya di www.stan.ac.id . Tapi jangan terlalu berharap lebih pada website resmi ini. Website resmi STAN tidak pernah menyediakan soal soal apalagi melayani pembelian buku-buku. Pada saat pendaftaran USM kemarin website itu eror banget. Sampai-sampai bikin stress bagi yang ingin masuk STAN. Apalagi saat membuka hasil pengumuman, jangan berharap bisa mengakses www.stan.ac.id pada hari itu.

Saya dulu ingin sekali kuliah di STAN, meskipun belum tahu seperti apa itu. Yang aku tahu hanya kuliahnya gratis dan jadi PNS setelah lulus. Banyak sekali informasi STAN yang belum saya ketahui waktu saya SMA. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang info STAN, download ebook yang aku buat. Kalau tidak ada disana, tanya saja padaku melalui blog ini. Kalau memang itu belum kutulis di ebook aku akan berusaha menjawabnya. Kamu tinggal tulis pertanyaanmu di comment dibawah artikel ini.

Saya dulu ingin tahu banyak tentang STAN, tapi saya tidak juga menemukan informasi yang saya butuhkan. Karena saya tidak ingin kamu juga mengalami yang saya alami, maka saya sengaja membuat blog ini. Saya ingin membantumu kuliah di STAN.

Soal-soal seharusnya dalam bentuk kertas-kertas, bukan cuma file. Disini saya ingin membagi informasi dan tips agar kamu bisa kuliah di STAN dalam bentuk ebook. Soal soal STAN terdapat di buku kumpulan soal STAN 2010. Jangan sampai kamu membeli buku untuk tahun 2009.

Meskipun yang ikut USM STAN itu banyak, tetapi kebanyakan mereka adalah “penggembira”. Dalam benak mereka “Lolos yang syukur, gak lolos yang gak papa”. “Penggembira” berharap bisa kuliah di STAN, tetapi persiapannya minim banget. Kalo emang pengin kuliah di STAN, ya segera persiapkan dirimu untuk menghadapi soal-soal USM STAN 2010. Kalau belum punya bukunya, ya segera beli. Kalau butuh bantuan untuk mendapatkan buku itu, aku bisa membantumu. Tinggal menuju ke buku STAN.

Persiapkan dirimu menghadapi USM STAN 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.